Ambon- Pasangan Ramly Umasugi-Juhana Soedrajat (RANA) unggul dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Buru periode 2011-2016 dengan meraih 48,37 persen suara.

Politisi Partai Golkar ini jauh hari sudah diramalkan banyak pihak akan memenangkan pertarungan. Kedekatan Ramly dengan masyarakat Buru membuat dirinya mudah mendapat dukungan.

Pasangan Bakri Lumbessy-Etha Hentihu (BETA) yang dikoordinir Sonny Waplau (Korwil DPP Partai Demokrat untuk wilayah Maluku), justru hanya berada di posisi kedua. Kegagalan pasangan BETA tersebut, membuat Waplauw tercatat dua kali gagal membawa pasangan yang diusung Partai Demokrat menang dalam pilkada di Maluku, padahal untuk menunjang keberhasilan pasangan BETA, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum bersama sejumlah fungsionaris DPP turut tampil berkampanye.

Sebelumnya di Pilkada Kabupaten Buru Selatan, Waplauw juga gagal membawa pasangan yang diusung Partai Demokrat meraih kemenangan.

Perolehan suara di Pilkada Kabupaten Buru tersebut merupakan hasil hitung cepat yang dilakukan lembaga Script Survei Indonesia (SSI) pada 77,6 persen Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Direktur SSI Yuhardin kepada wartawan di Namlea, Selasa (18/10), mengatakan hasil hitung cepat yang dilakukan lembaganya menempatkan pasangan RANA pada posisi teratas, disusul pasangan BETA di posisi kedua dan pasangan Junaidi Rupilu-La Ode Badwie (JUBA) di posisi ketiga.

“Sesuai hasil hitung cepat dari 194 TPS sampel dari total 250 TPS, menempatkan pasangan RANA di posisi teratas dengan memperoleh 24.049 suara (48,37 persen), disusul pasangan BETA 19.918 suara (40,06 persen) dan pasangan JUBA 5.755 suara (11,57 persen),” ungkapnya.

Pasangan RANA, menurut Suadi Amir, meraih kemenangan di lima kecamatan, yaitu Air Buaya, Batabual, Namlea, Waeapo dan Waplau.

Di Kecamatan Namlea, pasangan RANA memperoleh 8.137 suara, disusul pasangan BETA 6.190 suara dan JUBA 3.594 suara.

Di Kecamatan Airbuaya yang selama ini dikenal sengan basis massa pendukung pasangan BETA, justru pasangan RANA unggul dengan memperoleh mendapat 3.330 suara, disusul BETA 2.786 suara dan JUBA 451 suara.

Pasangan RANA juga meraih kemenangan di Kecamatan Waeapo dengan meraih 9.228 suara, disusul pasangan BETA 8.588 suara dan JUBA 1.190 suara.

Begitu juga di Kecamatan Batabual, pasangan RANA memperoleh 800 suara, disusul BETA 583 suara dan JUBA 294 suara.

Sementara di Kecamatan Waplau pasangan RANA juga unggul dengan memperoleh 2.554 suara, disusul BETA 1.771 suara dan JUBA 226 suara.

“Sesuai pengalaman SSI dalam melakukan perhitungan cepat di berbagai pilkada di seluruh Indonesia, ternyata dari angka tersebut sudah dapat merepresentasikan pasangan RANA telah memenangkan Pilkada Kabupaten Buru,” tandasnya.

Data perolehan suara, katanya, memang belum berasal dari seluruh TPS, karena ada daerah-daerah yang komunikasi melalui teleponnya kurang bagus, namun dengan sampel 80 persen TPS tersebut sudah dapat memberikan gambaran kemenangan untuk pasangan RANA.

Menyikapi hasil hitung cepat tersebut, calon Bupati Buru, Ramly Umasugi memberikan apresiasi terhadap dukungan yang diberikan masyarakat.

“Pasangan RANA mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung yang telah melaksanakan hak pilihnya tadi sehingga hasilnya sudah dapat dilihat sesuai perhitungan cepat yang dilakukan SSI,” ungkapnya.

Ramly mengajak para pendukungnya untuk merayakan kemenangan tersebut dengan damai serta jangan meneror warga yang lain.

Massa pendukung RANA juga telah melakukan pawai keliling Kota Namlea, Selasa (18/10) sore, untuk merayakan kemenangan tersebut. (S-31)

(Sumber: siwalimanews.com) 2011