SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Penghitungan cepat (quick count) yang dilaksanakan sejumlah lembaga survei, menempatkan pasangan calon gubernur/wakil gubernur Aceh yang diusung Partai Aceh (PA) dan koalisi sejumlah partai nasional, Zaini Abdullah-Muzakir Manaf, sebagai pemenang dalam pilkada Aceh.

Penelusuran Serambinews.com dari beberapa lembaga penyelenggara survei menunjukkan, pasangan “perjuangan dan perdamaian” ini menang telak dengan meraup lebih dari 50 persen suara.

Seperti dalam tweet terakhir Denny JA (DennyJA_WORLD), data masuk pukul 17.50 WIB menempatkan pasangan dr Zaini Abdullah-Muzakir Manaf unggul 54.20 persen. Sedangkan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan sebesar 30.03 persen, dan M Nazar-Nova 7.80 persen. Saat tweet Denny JA dirilis, data yang masuk sudah mencapai 98.29 persen.

Keunggulan pasangan Zaini-Muzakir juga dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI). Hasil quick count LSI menunjukkan Zaini-Muzakir meraih suara sebesar 53.67 persen, dengan tingkat partisipasi dari data pemilih tetap 73.33 persen.

Sedangkan, urutan kedua ditempati oleh pasangan Irwandi Yusuf – Muhyan Yunan dengan angka 30.29 persen.

Kemudian diikuti oleh pasangan Muhammad Nazar-Nova Iriansyah sebesar 7.92 persen, Darni Daud-Ahmad Fauzi sebesar 4.19 persen, dan Tengku Ahmad Tajudin-Suriansyah sebesar 3.44 persen.

“Melalui hasil sementara ini, kami (LSI) yakin pasangan nomor lima, yaitu Zaini Abdullah-Muzakir Manaf, akan memenangi Pemilukada Aceh,” kata Direktur Komunikasi Publik LSI Burhanudin Muhtadi.
Keunggulan pasangan ini juga terlihat dari hasil penghitungan cepat Script Survei Indonesia (SSI).

Direktur SSI Yuhardin, mengatakan hasil sementara  pasangan Zaini-Muzakir (PA) meraup 51,74 persen suara. Disusul Irwandi-Muhyan (independen) 29,67 persen, Muhammad Nazar-Nova Iriansyah (Partai Demokrat, PPP, & Partai Sira) 9,96 persen, Darni M Daud-Ahmad Fauzi (independen) 5,28 persen, dan Tengku Ahmad Tajuddin-Suriansyah (independen) 3,32 persen.

Data yang sudah masuk di SSI adalah 78,7 persen suara. “Quick count SSI mengambil 417 sampel yang tersebar di 23 kab/kota dengan menggunakan metode Multi stage random Sampling, tingkat kepercayaan 95 persen, dengan margin error plus minus 2,5 persen,” demikian dirils SSI.(*)

(Sumber: http://aceh.tribunnews.com) 2012