Metodologi Survei:

  • Populasi survei ini adalah seluruh warga Negara Indonesia di Prov. Sulawesi Selatan yang mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan
  • Sampel yang digunakan dalam survei ini adalah sebanyak 820 orang. Sampel dipilih secara random dengan teknik Multistage Random Sampling dengan jumlah yang proporsional. Toleransi kesalahan (Margin Of Error) survei ± 3.5 % dengan derajat kepercayaan 95 %.
  • Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh Asisten Peneliti yang berpengalaman
  • Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 25 % dari total sampel oleh Team Quality Control dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam Quality tidak ditemukan kesalahan berarti.
  • Periode Survei 3 – 12 Juni 2018

Survei Terbaru SSI: Prof Andalan Masih Perkasa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Script Survei Indonesia (SSI) merilis hasil survei terbaru jelang pencoblosan Pilgub Sulsel 2018.

Hasilnya, pasangan nomor urut 3, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) masih perkasa. Pasangan ini meraih elektabilitas dengan angka sebesar 37,07 persen.

“Kemudian di peringkat kedua, ditempati oleh NH-Aziz (Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar) dengan elektabilitas 25,49 persen,” ucap Direktur SSI, Yuhardin, dalam pemaparan surveinya, di Hotel Myko, Jalan Boulevard, Makassar, pada Selasa (19/6/2018).

Di posisi ketiga, ditempati oleh pasangan nomor urut 4, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar dengan elektabilitas 19,88 persen. Dan kembali di posisi buncit, pasangan Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo dengan elektabilitas 4,76 persen.

“Masih ada 12,80 persen yang tidak menandai surat suara,” ucap Yuhardin.

Dijelaskan Yuhardin, dalam survei elektabilitas ini, responden disodorkan contoh kertas suara yang bergambar empat pasangan kandidat.

Survei SSI menggunakan metodologi multistage random sampling, dengan mewawancarai 820 responden yang tersebar secara proporsional di 24 kabupaten/kota.

Survei tersebut diambil pada 3-12 Juni lalu. Toleransi kesalahan (margin of error) hasil survei tersebut sebesar 3,5 persen.